Kamis, 02 Juni 2016

Google Doodle 2 Juni 2016. Siapa Lotte Reiniger?

Google Memasang doodle Lotte Reiniger hari ini. Menurut catatan wiki, Lotte Reiniger adalah seorang sutradara perempuan kenamaan Jerman. Charlotte Reiniger lahir di Berlin 2 Juni 1899. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Lotte Reiniger.

Lotte Reininger menciptakan visual film yang menakjubkan dan fantastis menggunakan karton hitam, gunting, dan imajinasi tak terbatas. Reiniger memelopori gaya animasi yang mengandalkan ribuan foto kertas siluet yang diatur untuk menceritakan sebuah cerita. Sepanjang karinya Lotte Reiniger berhasil menyutradarai lebih 40 film. Diantara film Lotte Reiniger yang terkenal yakni The Adventures of Prince Achmed yang diproduksi tahun 1926 dan film Papageno tahun 1935 yang musik latarnya dibuat oleh komponis ternama Wolfgang Amadeus Mozart.

Salah satu karya Lotte Reiniger yang sampai sekarang masih dipakai adalah teknik animasi silhuet sejumlah dongeng yang diangkat ke layar lebar. Sejumlah sineas menyebutnya sebagai animasi silhuet. Lotte Reiniger menikah dengan Carl Koch tahun 1921. Koch kemudian menjadi partner kreatifnya. Dari sang suami itulah, Lotte Reiniger bisa berinteraksi dan bertukar ide dengan sejumlah seniman filsuf besar seperti Bertolt Brecht, Berthold Bartosch dan seniman avant-garde Hans Curlis.
Image: Google


Lotte Reiniger berkarya di tengah Nazi sedang berkuasa di Jerman yang menyebabkan dia bersama suami sempat keluar mencari suaka politik di Paris dan Roma. Ia kemudian kembali dan meninggal di kota Dettenhausen, Jerman tanggal 19 Juni 1981 dalam usia 82 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar