Kamis, 26 Mei 2016

Google Doodle 26 Mei 2016. Siapa Frankie Manning?


Google Memasang doodle Frankie Manning hari ini, Dia adalah salah satu pendiri Lindy Hop. Lindy Hop merupakan salah satu komunitas tari Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan di Harlem, New York bersamaan dengan menjamurnya musik Jazz. Lindy Hop menjadi begitu populer pada era musik Swing tahun 1930-1940.


Lahir di Jacksonville, Florida, pada tahun 1914, Manning pindah ke Harlem pada usia tiga dengan ibunya setelah orang tuanya berpisah.Ibunya yang juga seorang penari ballroom pernah mengatakan kepada Frankie bahwa dia tidak akan pernah menjadi penari, karena dia terlalu kaku. Namun ternyata, didorong oleh keinginan untuk menyenangkan hati ibunya, dia berlatih tanpa henti di kamar tidur untuk menjadi "tidak kaku".

Frankie Manning memulai karirnya sebagai penari sekitar tahun 1935. Ballroom Hotel Savoy yang terletak di kota Harlem menjadi saksi awal terjunnya Frankie Manning dalam dunia tari. Apalagi saat itu, di kota Harlem sedang demam Lindy Hop. Frankie Manning membentuk sebuah ensembel Landy Hop dimana dirinya bertindak sebagai pelatih dan koreografer. Pada kesempatan itu, Frankie Manning berdansa bersama salah seorang penari top Amerika, Norma Miller.


Dia kemudian diterima untuk koreografi rutinitas kelompok kinerja profesional yang akhirnya disebut Whitey Lindy Hoppers, yang melakukan tur secara ekstensif dan ditampilkan dalam beberapa film terkenal.

Pada usia 75 ia ko-koreografer Broadway musical Black And Blue, yang kemudian mendapatkan penghargaan Tony Award.

Dalam sebuah wawancara dokumenter, Frankie Manning mengaku bahwa sebetulnya dia tak pernah bercita-cita untuk jadi seorang penari, pelatih tari atau koreografer. Ia menyatakan ia menari hanya karena dirinya suka menari.Pad tahun 1994, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-80, Frankie Manning menggelar sebuah pertunjukan tari bersama para penari serta koreografer dari seluruh dunia dan semua tiketnya laris terjual. Bahkan sepatu yang dikenakanya saat menari jadi buruan banyak orang.

Frankie Manning meninggal dalam usia 94 tahun tanggal 27 April 2009 di Manhattan, Amerika Serikat. Sebagai penghormatan atas jasa dan prestasinya di dunia tari, hari ini Kamis, (26/5) google memasang doodle Frankie Manning yang berulang tahun ke-102. Frankie Manning mewariskan Landy Hop dan tahun 2009, dia masuk dalam daftar National Museum of Dance's Mr. & Mrs. Cornelius Vanderbilt Whitney Hall of Fame. Nama Frankie Manning juga diabadikan pada sebuah jalan dan Sanggar Tari Frankie Manning.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar